Better Than This

It's Better than this,You could do so much

Dasar Komunikasi Data (Part 3)

F.Mode Transmisi
Untuk menyalurkan data dari sumber (source) pada penerima diperlukan hubungan komunikasi (communication link). Saluran komunikasi ini melibatkan masalah trasmisi dan dalam hal ini transmisi data.
Untuk transmisi itu sendiri mempunyai beberapa mode diantaranya :

a.Transmisi Paralel
Dalam mode transmisi paralel, data dikirim melalui beberapa kanal sekaligus. Transmisi paralel ini digunakan bila dikehendaki kecepatan yang tinggi. Kanal yang digunakan harus mempunyai karakteristik yang baik (kanal fiber optik). Kerugiannya, tidak baik untuk pengiriman jarak jauh, karena penambahan jarak akan menambah distorsi yang lebih besar dan hilangnya sinkronisasi pengiriman data paralel yang masuk ke peralatan penerima. Selain itu transmisi ini tidak efisien karena memerlukan banyak kawat untuk menghubungkan data dan ditambah dengan informasi tambahan untuk mengontrol terminal lawan.

b.Transmisi Serial
Transmisi serial adalah komunikasi data yang proses pengiriman dan penerimaannya berlangsung secara berurutan (serial). Data yang dikirimkan bit perbit lewat kanal komunikasi tertentu.

Berdasarkan cara sinkronisasi dikenal dua mode transmisi serial yaitu :

•Transmisi Sinkron (synchronous )
Transmisi ini digunakan untuk transmisi data dengan kecepatan tinggi. Data dikirim secara berturut-turut tanpa adanya waktu antara karena dikirim secara per blok. Keuntungan transmisi sinkron ini adalah efisiensinya terhadap penggunaan waktu. Dalam sistem ini baik pengirim maupun penerima melakukan sinkronisasi secara bersamaan setiap sekian ribu bit data. Sedangkan kerugian pada transmisi sinkron ini adalah jika terjadi kesalahan karena sinkronisasi, maka yang akan hilang adalah satu blok karakter data.

•Transmisi tidak sinkron (Asynchronous)
Adalah transmisi dengan sistim start-stop bit. Pada transmisi jenis ini data disinkronkan tiap karakter. Sinkronisasi dilakukan dengan memberikan start bit pada awal karakter dan memberikan stop bit pada akhir karakter.

G.Jenis Transmisi

Dilihat dari cara pengiriman informasi dari pengirim pada penerima, dikenal beberapa cara yaitu :

a.Komunikasi Satu Arah ( Simplex )
Komunikasi simplex yaitu komunikasi dimana data dikirim hanya satu arah jadi pemancar dan penerima tugasnya tetap. Metoda ini jarang digunakan pada komunikasi data.

b.Komunikasi Half Duplex (HDX)
Dalam metode ini data dapat dikirim secara dua arah, dalam arti pengirim dan penerima dapat saling berhubungan secara bergantian. Metode ini umumnya digunakan pada komunikasi data. Dalam metode ini dikenal pula istilah “Turn Around Time”, yaitu waktu yang diperlukan untuk mengganti arah transfer data.

c.Komunikasi Full Duplex
Dalam metode ini data dapat dikirim dan diterima pada waktu yang bersamaan. Biasanya metoda ini digunakan pada sistem komunikasi data yang menggunakan fasilitas saluran sewa (leased line).

H.Kecepatan
Satu aspek penting dalam komunikasi data adalah kecepatan pengiriman lewat media transmisi. Oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui faktor apakah yang memegang peranan penting dalam menentukan kecepatan maksimum. Kecepatan transmisi maksimum ditentukan oleh mutu saluran dan modem itu sendiri.

Secara umum ada tiga cara untuk menyatakan kecepatan yaitu :
a.Kecepatan modulasi atau Baud ( Bd ).
b.Kecepatan transmisi atau karakter per detik (Cps ).
c.Kecepatan sinyal ( Bps ). Kecepatan sinyal adalah kecepatan pengiriman bit informasi kepada modem untuk ditransmisikan.

0 komentar:

Poskan Komentar

Dhiti