Better Than This

It's Better than this,You could do so much

5 Tanda Fisik Saat Sedang Stress

Tidak hanya penyakit saja yang memberikan gejala-gejala awal. Tubuh pun juga memberikan isyarat saat Anda merasakan stres. Apa saja gejala stres?

Saat sedang stres, tubuh Anda mencoba untuk memberitahu Anda agar lebih bersantai. Berikut tan-tanda fisik yang dikeluarkan oleh tubuh saat sedang stres, seperti yang dikutip dari sheknows.

1. Kulit Pucat
Pada saat stres tubuh Anda masuk ke dalam mode bertahan.Akibatnya, tubuh mengalihkan aliran darah kepada organ tubuh yang sedikit menerima aliran darah. Seperti aliran darah di kuilt beralih pada aliran darah pada jantung atau paru-paru, karena stres mengurangi aliran darah di daerah vital tersebut. Inilah yang membuat kulit pucat. Agar hal ini tidak terjadi pada Anda, banyak banyaklah mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandun anti-oksidan.

2. Jerawat
Ketika stres, tubuh Anda melepaskan androgen ke dalam alirah darah. Androgen merupakan hormon yang meningkatkan kadar sebum (zat minyak) pada tubuh sehingga pori-pori pun tersumbat dengan adanya minyak berlebih.

Namun, semua ini bisa dihindari untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang manis. selain itu, mandi air hangat dan uap untuk memelihara kulit dan membantu Anda rileks.

3. Gusi sensitif
Stres bisa membunuh sistem kekebalan tubuh. Hal inilah yang membuat tubuh sulit melawan kuman dan bakteri. Penumpukan bakteri jahat pada gigi menyebabkan peradangan, pendarahan dan rasa nyeri.

Sebaiknya ganti sikat gigi dengan bulu yang lebih lembut agar tidak memperparah peradangan dan tambahkan obat kumur setiap Anda selesai menyikat gigi untuk menghilangkan sisa bakteri dalam mulut.

4. Sembelit atau diare
Ketika terserang stres, lapisan usus Anda yang sensitif akan sering terkena hormon negatif yang dikeluarkan oleh tubuh untuk melindunginya dari tekanan. Hal inilah yang menyebabkan kejang otot, kran dan fluktuasi asam saat Anda makan.

Hindari makanan yang memperburuk usu Anda seerti makanan cepat saji atau makanan yang berminyak agar sembelit atau diare tidak terjadi pada Anda. Pastikan banyak mengonsumsi makanan yang berserat untuk membersihkan usus.

5. Gatal pada kulit
Menurut peneliti, ini merupakan sah satu tanda fisik awal yang Anda alami saat stres. Hal ini mungkin terjadi karena adanya histamin (senyawa dalam tubuh) melepaskan stres yang berhubungan langsung dengan alergi kulit.

Untuk mengobatinya, banyak-banyaklah meminum air mineral dan gunakan lotion yang mengandung sari lidah buaya.

Source : http://www.wolipop.com/read/2010/11/05/181251/1487653/857/

0 komentar:

Poskan Komentar

Dhiti