Better Than This

It's Better than this,You could do so much

10 Penyebab Windows XP Menjadi Lambat

Malam sobat blogger kali ini saya mau sharing pengalaman karena belakangan ini saya melihat laptop seorang teman yang masih memakai sistem operasi WinXp, sistem operasi laptop teman saya yang menurut saya keadaanya sangat amburadul, lambat, dan juga banyak virus seperti orangnya..hehe
Akhirnya saya mengoprek sedikit laptopnya mulai dari masalah security, utility, hingga sistem operasi, ada banyak hal yang akan menyebabkan Sistem Komputer menjadi lambat. Saya berpikir yang jelas semakin lama dipakai sistem operasi akan menjadi semakin lambat. Berikut dibawah ini ada beberapa 10 penyebab komputer / laptop menjadi lambat.



1. System StartUp Overload (Kebanyakan aplikasi yang di load pada saat StartUp)
Ada aplikasi yang menambahkan dirinya kedalam StartUp Folder, nantinya akan dijalankan pada saat komputer dihidupkan. Dan ada juga aplikasi yang menambahkan dirinya tetapi tidak bisa diliat pada StartUp Folder. Untuk melihatnya kita bisa mengetikan pada RUN - MSCONFIG. Matikan aplikasi yang memang dianggap tidak perlu dijalankan pada saat StartUp.


2. Spyware
Malicious programs juga dapat menyebabkan kinerja komputer lambat atau lambat sekali. Karena spyware akan masuk kedalam Windows Registry dan file system yang tentunya akan mengganggu kinerja komputer. Biasanya Spyware akan menginstallkan dirinya tanpa sepengetahuan kita melalui aplikasi yang “Freeware” ataupun Crack, dan juga ada melalui halaman web yang dikunjungi. Untuk mengatasi hal ini bisa dilakukan dengan menginstalkan aplikasi semacam Threatfire atau aplikasi untuk menghilangkan spyware lainnya.


3. Kerusakan / Pembengkakan Windows Registry
Windows Registry merupakan pusat pengontrol system pada system operasi ataupun aplikasi. Jika terjadi kerusakan ataupun overload pada registry, akan menyebabkan system mengalami kegagalan untuk melakukan pengontrolan system. Dengan hal ini sudah tentu akan memperlambat performa komputer. Hal ini dapat diatasi dengan melakukan pembersihan registry yang tidak diperlukan lagi, memadatkan ataupun mengoptimizekan registry pada PC anda. Gunakan aplikasi utility seperti PC TuneUp Utilities, CCleaner, Advance System Care,Registry Booster, dll.


4. Data mengalami Fragmentasi pada Hard Drive
Karena digunakan dalam waktu yang lama, otomatis data yang ada dalam komputer juga akan bertambah banyak. Semakin banyak data yang dimaksukan akan menyebabkan komputer semakin lambat. Data yang kita masukan akan diletakan secara acak pada hard disk, sehingga untuk mengakses sebuah data membutuhkan waktu loding yang cukup lama. Karena banyaknya data yang tersebar, maka akan membuat komputer semakin lambat.

Cara mengatasi hal ini dapat dilakukan proses defragmentasi dengan cara :
• Buka My Komputer
• Right-click pada hard disk C: kemudian pilih “Properties”
• Pilih Tab “Tools” dan pilih opsi “Defragment Now”.


5. Security Software yang memakan sumber daya komputer
Terlalu banyaknya aplikasi Security yang di installkan pada komputer akan menyebabkan habisnya sumber daya komputer seperti memory dan processor. Jadi cukup pilih 1 atau 2 aplikasi yang di installkan pada komputer seperti Antivirus Luar dipadukan dengan Antivirus lokal atau antivirus kecil lainnya ditambah lagi harus adanya aplikasi utility pembersih dijamin dc laptop / komputer bakal sehat kondisi nya.


6. Sisa dari uninstall programs
Uninstall aplikasi melalui control panel atau dari start menu tidak selalu bisa bersih dibuang dari system, sehingga meninggalkan sisa-sisa dari aplikasi tersebut. Sisa-sisa ini akan memperlambat kinerja komputer, karena masih terdaftar dalam Windows Registry komputer. Dalam hal ini gunakan aplikasi seperti Revouninstaller.

7. Pagefile
Pagefile adalah sebuah file yang didedikasikan untuk membantu kinerja RAM, yang berfungsi sebagai tempat dimana proses berlangsung. Besar kecilnya pagefile ini ditentukan oleh besar kecilnya kapasitas RAM (secara default), namun ukuran pagefile dapat kita rubah, caranya Klik StartMenu -> Control Panel -> System -> Advanced -> Performance Setting -> Advanced -> Change pada Virtual Memory.
Sekarang kita kita bisa merubah ukuran pagefile sesuka hati. jangan lupa isi keduanya dan ingat Maximum size >= Minimum size dan setalah selesai klik set. Pembantu kinerja RAM ini juga ada kelebihan dan kekurangannya.

8. Hard Drive

Hard Drive penuh karena internet temporary dan windows temporary files
Komputer akan mengatur sekitar 10% ruang harddisk yang kosong. Jika melebih batas yang sudah ditentukan, maka akan menyebabkan komputer akan menjadi lambat. Untuk mengatasi hal ini, sering-sering lah melakukan maintenance paling sedikit 1 minggu sekali untuk membersihkan sampah-sampah dari hasil browsing ataupun temporary files pada sistem anda.


9. Virus
Virus sifatnya hampir sama dengan Spyware, virus dapat datang kapan saja ke dalam komputer anda. Jika komputer sudah terjangkit virus, sudah tentu akan memperlambat proses pada Komputer. Sebelum terjangkit virus, pasanglah anti virus yang sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi laptop maupun komputer anda.


10. Hardware Problems
Beberapa kerusakan hardware dapat menyebabkan komputer menjadi lambat (slow) atau hang. Dan penyebab lain yang akan terjadi adalah akan memperlambat proses boot dan shut down pada komputer. Untuk mengetahui apakah Hardware anda rusak / mengalami bad sector coba gunakan aplikasi seperti Repair Hardisk Badsector.



Tips-tips sederhana :

1. Karena terlalu banyak program yang otomatis dijalankan saat proses StartUp, bisa di cek di Start Menu - All program – StartUp, anda bisa mengurangi atau mendisable nya dengan klik kanan - delete pada aplikasi yang tidak dibutuhkan.

2. File di harddisk perlu ditata ulang / di defrag,caranya : Start Menu - All Program - Accesories - System Tools - Disk Defragmenter, karena proses ini akan memudahkan windows untuk membaca file-file di dalam Harddisk, lakukan defrag secara periodik sebulan sekali untuk mempertahankan performa windows.

3. Jika program antivirus anda terlalu berat untuk spesifikasi computer / laptop anda, segeralah ganti dengan antivirus yang sesuai dengan kondisi computer / laptop anda.

4. Yang paling mempengaruhi StartUp adalah dijalankannya file chace aplikasi yang berlokasi di C:/ Windows - Prefetch. File-file tersebut bisa langsung dihapus secara manual lewat Windows explorer, dan ini akan berpengaruh langsung kepada kecepatan booting-nya PC, dengan konsekuensi agak lambat saat-saat menjalankan aplikasi-aplikasi yang biasa kita pakai di komputer. Karena Windows pasti membuat ulang file prefetch yang anda hapus sebelumnya meskipun demikian, cara ini cukup efektif karena StartUp berikutnya bisa mengurangi windows hanya menjalankan file-file prefetch yang anda butuhkan saja lakukan saja seminggu sekali.


5. Perhatikan terutama pada saat anda menginstall Windows pertama kali, jika sudah terasa lambat mungkin spesifikasi komputer kurang memadai. Untuk Windows XP rekomendasinya memory 512 MB dan minimum processor Pentium IV.

Source with My Modification : http://vixist.blogspot.com/search/label/Windows

0 komentar:

Poskan Komentar

Dhiti