Better Than This

It's Better than this,You could do so much

Seputar Buang Gas (Kentut)

1. Darimana asal Kentut ?
Dari gas dalam usus. Gas dalam usus berasal dari udara yang kita telan,gas yang menerobos ke usus dari darah,gas dari reaksi kimiadan gas dari bakteri perut.

2. Apa komposisi Kentut ?
Bervariasi. Makin banyak udara anda telan,makin banyak kadar nitrogen dalam kentut (oksigen dalam udara terabsorbsi oleh tubuh sebelum sampai usus). Adanya bacteria dan reaksi kimia antara asam perut dan cairan usus menghasilkan karbondioksida). Bakteria juga menghasilkan metana dan hydrogen. Proporsi masing-masing gas tergantung apa yang anda makan,berapa banyakudara yang tertelan,jenis bakteri dalam usus,berapa lama kita menahan kentut. Makin lama menahan kentut,makin banyak kadar nitrogen dalam kentut karena gas-gas lain terabsorbsi oleh darah melalui dinding usus. Orang yang makannya tergesa-gesa kadar oksigen dalam kentutnya lebih banyak karena tubuh tidak sempat mengabsorbsi oksigen.

3.Kenapa kentut berbau busuk ?
Bau kentut karena kandungan hydrogen sulfide dan merkaptan. Kedua senyawa ini mengandung sulfur (belerang). Makin banyak kandungan sulfur dalam makanan anda,makin banyak sulfur dan merkaptan diproduksi oleh bakteri dalam perut dan makin busuklah kentut anda. Telur dan daging berperan besar dalam menghasilkan bau busuk kentut,kacang-kacangan berperan dalam memproduksi volume kentut dan bukan kebusukannya.

4. Berapa banyak Kentut diproduksi dalam sehari ?
Rata-rata setengah liter sehari dalam 14 kali kentut.

5. Kenapa Kentut menimbulkan bunyi ?
Karena adanya vibrasi lubang anus pada saat kentut diproduksi. Keras bunyi tergantung kecepatan gas.

6. Kenapa Kentut yang busuk itu hangat dan tidak bersuara ?
Salah satu sumber kentut adalah bakteri. Fermentasi bakteri dan proses pencernaan memproduksi panas,dan hasil sampingan nya adalah gas busuk. Ukuran gelembung gas lebih kecil,hangat dan jenuh dengan produk metabolisme bakteri yang berbau busuk. Ini kemudian menjadi kentut,walau hanya kecil volumenya tapi SBD (Silent But Deadly).

7. Betulkah laki-laki kentut lebih sering dari perempuan ?
Tidak ada hubungannya dengan gender. Kalau benar maka perempuan menahan kentutnya dan saat kentut banyak sekali jumlah yang dikeluarkan.

8. Saat apa biasanya orang kentut ?
Pagi hari saat di toilet,yang disebut Morning Thunder. Kalau resonansinya bagus,boleh kedengaran di seluruh penjuru rumah.

9. Selain makanan apa saja penyebab kentut ?
Udara yang tertelan,makan terburu-buru,makan tanpa dikunyah,minum soft drink,naik pesawat udara (karena tekanan udara lebih rendah,sehingga gas di dalam usus mengalami ekspansi,sehingga muncul sebagai kentut).

10. Kemana perginya kentut kalau ditahan atau tidak dikeluarkan ?
Bukan di absorbsi darah,bukan hilang karena bocor. Kentut berimigrasi menuju ke bagian atas menuju usus dan pada gilirannya akan keluar juga,jadi bukan lenyap namun hanya mengalami penundaan.

0 komentar:

Poskan Komentar

Dhiti