Better Than This

It's Better than this,You could do so much

LAN & Intranet

Dewasa ini pemakaian komputer tidak terbatas lagi pada hanya yang bersifat personal, tapi sudah lebih mengarah pada penggunaan yang bersifat bersama atau yang dikenal sebagai sistem jaringan komputer. Pemakaian komputer dalam jaringan memungkinkan beberapa orang menggunakan satu program yang sama pada saat yang sama serta memungkinkan beberapa pengguna yang berada pada tempat yang terpisah saling bertukar informasi dan mengirimkan pesan-pesan. Jaringan komputer dikembangkan orang mengingat seringkali orang terbentur kenyataan bahwa apa yang dikerjakannya ternyata tidak ada dalam PC (komputer pribadi)nya dan ada pada PC yang lain sehingga untuk memakaianya ia harus berpindah tempat kerja ke komputer dimana program tersebut tersedia. Ketidakpraktisan ini umumnya dapat diatasi dengan menginstallkan program tersebut ke PC setiap orang yang berkepentingan dengan program tersebut. Namun acapkali orang juga terbentur suatu kenyataan bahwa ia harus mengkomunikasikan data yang dikerjakan atau diolahnya kepada orang lain pada saat yang bersamaan dengan pengolahan data yang analog oleh orang lain di tempat yang lain. Hal ini tidak dapat diatasi dengan cara yang lain selain mengembangkan suatu jaringan komputer. Pada awalnya jaringan komputer bersifat lokal namun terus berkembang menjadi yang bersifat lebih luas yang dikenal sebagai jaringan regional, dan terakhir telah berkembang menjadi jaringan global yang bersifat multidimensional yang dikenal orang sebagai jaringan internet.

LAN DAN INTRANET

LAN (Local Area Network) merupakan jaringan komputer lokal yang menghubungkan beberapa user dalam satu lokasi yang berdekatan. Mengingat lokasi jangkauannya,pemakaian LAN umumnya tidak menggunakan jaringan telefon terkecuali jika jaringan LAN diperluas menjadi WAN (Wide Area Network) yang dapat menjangkau lokasi yang lebih luas. Basis teknologi yang umum digunakan adalah format XENIX dan NetWare. Software yang paling umum digunakan adalah NOVEL NETWARE.

INTRANET

Intranet adalah jaringan komputer yang dapat bersifat lokal atau regional yang menghubungkan beberapa user dengan teknologi internet. Perusahaan yang menerapkan jenis jaringan ini dapat menggunakan semua fasilitas yang ada pada teknologi internet. Fasilitas -fasilitas yang ada pada internet beserta standar-standarnya berlaku pada jaringan intranet. Dengan menggunakan jenis protokol TCP/IP (Transport Control Protocol / Internetworking Protocol) memungkinkan semua komponen dalam jaringan saling berkomunikasi, menerima dan mengirimkan data antar terminal yang satu ke terminal yang lain. Standar lain yaitu FTP (File Transfer Protocol) memungkinkan pelayanan resourche sharing, yaitu pengambilan suatu file dari internet. Fasilitas lain yang terkait dengan pengiriman e-mail meliputi SMTP (Simple Mail Trasfer Protocol), MIME (Multipurpose Internet Mail Extensions), NNTP (Network News Transfer Protocol) dan POP (Post Office Protocol) memungkinkan pengiriman e-mail antar user dalam jaringan. Mengingat basis teknologinya intranet dapat diakses secara lebih luas dan memungkinkan untuk diakses orang luar sehingga dapat digunakan sebagai media promosi dan pengenalan terhadap apa yang ada dalam suatu perusahaan. Sampai saat ini dengan dukungan kemajuan teknologi WWW (World Wide Web) memberikan keunggulan intranet dibandingkan sistem jaringan lain. Informasinya dapat diakses secara cepat, relatif murah dan akurat, dengan tampilan yang sangat baik mengingat dimungkinkannya integrasi grafik, audio dan bahkan video dalam informasi yang disajikan pada web site sehingga sangat sesuai untuk digunakan sebagai media promosi suatu unit usaha / bisnis.

Beberapa keunggulan LAN

•Pemakaian sumber daya secara bersama-sama
•Memungkinkan hubungan antar sistem dari beragam merk
•Memungkinkan adanya transfer file antar bagian dengan melalui suatu server pengatur lalu lintas informasi
•Efektifitas dan efisiensi kerja menjadi lebih produktif
•Lebih banyak terminal yang terhubung ke sistem
•Mengurangi pemakaian kabel jika dibandingkan dengan sistem connect one by one
•Memungkinkan komunikasi melalui e-mail
•Adanya pembakuan user interface
•Perlindungan investasi dan rahasia data karena adanya server pengatur dan password

Beberapa kelemahan LAN

•Instrumentasi tidak sederhana
•Ada kemungkinan password dapat ditembus
•Perlu pengendali pemakaian software
•Software harus dirancang untuk multi user
•Semua layer model OSI harus dilaksanakan (protocol / aturan yang digunakan)
•Virus mungkin dapat menyebar melalui jaringan

Perbandingan LAN dan Intranet

•Keamanan data LAN jauh lebih baik mengingat hanya diakses orang dalam satu lokasi yang terlokalisir.
•Teknologi World Wide Web membuat dari sisi tampilan informasi, intranet jauh lebih baik dibandingkan LAN.
•Kemungkinan penggunaan Intranet sebagai media promosi jauh lebih baik mengingat intranet diakses lebih banyak user.
•Intranet lebih memungkinkan terjadinya interaksi dengan dunia global melalui sistem internet daripada LAN.

0 komentar:

Poskan Komentar

Dhiti