Better Than This

It's Better than this,You could do so much

Perubahan Teknologi dalam Sistem Operasi

Malam sobat blogger, rasanya sudah lama sekali saya tidak pernah mengupdate blog saya ini.hhe karena kesibukan saya di dunia nyata khususnya dalam aktivitas sehari-hari yahh kuliah..hhe dari semester ke semester rasanya makin sibuk sekali.heem
Akhirnya pada kesempatan kali ini saya mendapat sebuah tugas kuliah yang membahas perubahan-perubahan dalam di dunia ini baik itu dari segi social, teknologi, lingkungan, norma-norma, dll. Namun kali ini saya menulis tugas saya ini dengan mengambil tema “Perubahan Teknologi dalam Sistem Operasi” langsung saja, Siapa yang tidak kenal dengan sistem operasi?dan apa itu sistem operasi?

Baik saya akan menjelaskan sedikit, Dalam Ilmu komputer, Sistem operasi atau dalam bahasa Inggris nya Operating System atau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk memberikan abstraksi terhadap kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, yang digunakan oleh software aplikasi seperti pengolah kata, multimedia, antivirus, games, dll. Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut misalnya seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi.

Perubahan Sistem Operasi dari Masa ke masa

Mempelajari sejarah memang menarik, bahkan sekalipun itu hanya sejarah sistem operasi / Operating System (OS) suatu komputer. Paling tidak dengan mempelajari sejarah sistem operasi komputer, wawasan kita bertambah luas dan tidak hanya berkutat pada satu sistem operasi saja. Saya akan menguraikan sedikit perubahan-perubahan dalam sistem operasi ini..

- Tahun 1980
Pada tahun ini QDOS sebagai sistem operasi pertama di dunia yang dirancang untuk processor tipe Intel 8086, kemudia Bill Gates dari Microsoft membeli lisensi QDOS dan menjualnya ke perusahaan komputer lain.

- Tahun 1981
IBM meluncurkan meluncurkan PC¬ DOS yang dibeli dari Microsoft untuk komputernya yang berbasis prosesor Intel 8086.

- Tahun 1984
Selang beberapa tahun Apple.inc meluncurkan sistem operasi Macintosh, sistem operasi ini merupakan sistem operasi pertama yang telah berbasis grafis dan bisa menggunakan mouse.

- Tahun 1985
Microsoft memperkenalkan MS¬Windows, sistem operasi yang telah menyediakan lingkungan berbasis grafis (GUI) dan kemampuan multitasking. Sayangnya sistem operasi ini sangat buruk performanya dan tidak mampu menyamai kesuksesan Apple.

- Tahun 1991 - 1993
Seorang mahasiswa Helsinki bernama Linus Torvalds mengembangkan OS berbasis Unix dari sistem operasi Minix yang diberi nama Linux. Kemudian di tahun 1993 Microsoft meluncurkan Windows NT, OS pertama berbasis grafis tanpa DOS didalamnya yang direncanakan untuk server jaringan.

- Tahun 1995
Microsoft meluncurkan Windows 95 dengan lagu Start Me Up dari Rolling Stones dan terjual lebih dari 1 juta salinan dalam waktu 4 hari.

- Tahun 1998
Linux mendapat dukungan dari banyak perusahaan besar, seperti IBM, Sun Microsystem dan Hewlet Packard. Server berbasis Linux mulai banyak dipergunakan menggantikan server berbasis Windows NT. Dan disaat bersamaan Google sebagai search engine tebaik hadir di intenet dan diketahui menggunakan Linux sebagai servernya.

- Tahun 2000
Mac OS diganti dengan mesin berbasis BSD Unix dengan kernel yang disebut sebagai Mac OS/X, kemudian dari Microsoft meluncurkan windows 2000 sebagai penerus windows NT.

- Tahun 2004
Versi pertama Ubuntu dari Linux diluncurkan dan didistribusikan ke seluruh dunia. Ada beberapa versi distro yang dikeluarkan, yaitu Ubuntu (berbasis Gnome), Kubuntu (berbasis KDE), Xubuntu (berbasis XFCE), dan Edubuntu (untuk pendidikan).

- Tahun 2007- 2008
Setelah tertunda untuk beberapa lama, Microsoft akhirnya meluncurkan Windows Vista. Windows Vista memperkenalkan fitur 3D Desktop dengan Aero Glass, SideBar, dan Flip 3D. Sayangnya semua keindahan ini harus dibayar mahal dengan kebutuhan spesifikasi komputer yang sangat tinggi. Kemudian pada tahun 2008, tidak seperti halnya Vista yang membutuhkan spesifikasi tinggi, 3D Desktop di Linux muncul dengan spesifikasi komputer yang sangat ringan. Era hadirnya teknologi 3D Desktop di Indonesia ditandai dengan hadirnya sistem operasi 3D OS yang dikembangkan oleh PC LINUX.

- Tahun 2008 – Sekarang
Raksasa software, Microsoft, merajai pasar dengan sistem operasi produksinya, Windows XP. Sejak 2001, sistem operasi tersebut dipakai di berbagai industri yang menggunakan teknologi komputer. Namun, Microsoft tak tinggal diam. Pada 2007, perusahaan yang didirikan Bill Gates itu mengumumkan akan merilis sistem operasi baru bernama Windows 7. Produk baru tersebut diklaim bekerja jauh lebih cepat dan efektif karena tidak membutuhkan banyak memori. Windows 7 digembar-gemborkan jauh lebih baik dibandingkan ”kakak”-nya, Windows XP dan Windows Vista. Kemudian perusahaan Google meluncurkan sistem operasi baru yang sangat terkenal & open source yang bernama Android, sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia. Pada saat perilisan perdana Android, 5 November 2007, Android bersama Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan standar terbuka pada perangkat seluler. Di lain pihak,

Google merilis kode–kode Android di bawah lisensi Apache, sebuah lisensi perangkat lunak dan standar terbuka perangkat seluler. Android memiliki berbagai keunggulan sebagai software yang memakai basis kode komputer yang bisa didistribusikan secara terbuka (open source) sehingga pengguna bisa membuat aplikasi baru di dalamnya. Android memiliki aplikasi native Google yang terintegrasi seperti pushmail Gmail, Google Maps, dan Google Calendar. Para penggemar open source kemudian membangun komunitas yang membangun dan berbagi Android berbasis firmware dengan sejumlah penyesuaian dan fitur-fitur tambahan, seperti FLAC lossless audio dan kemampuan untuk menyimpan download aplikasi pada microSD card. Mereka sering memperbaharui paket-paket firmware dan menggabungkan elemen-elemen fungsi Android yang belum resmi diluncurkan dalam suatu carrier-sanction firmware.

Kesimpulan dari saya yaitu..hhe menurut saya memang benar bahwa kepintaran manusia dalam hal teknologi berjalan seimbang dengan perkembangan zaman hal ini terlihat dari saat sistem operasi yang tidak memiliki tampilan grafis hingga saat ini berkembang menjadi sistem operasi yang sangat canggih dan menarik bagi umat manusia di seluruh dunia. Ada dampak positif yang dapat kita ambil dari perkembangan sistem operasi ini yaitu Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi masyarakat menjadi lebih mudah dalam beraktivitas dan mendorong untuk berpikir lebih maju, dapat mengurangi pengagguran dan meningkatkan kualitas taraf hidup manusia itu sendiri. Akan tetapi disamping itu juga ada dampak negatif dalam perkembangan teknologi ini seperti adanya pola masyarakat dengan hidup konsumtif , dapat terjadi kesenjangan sosial di masyarakat, dan juga kemajuan teknologi dapat membuat manusia itu semakin individualistik..

Yah semoga kita semua dapat menyingkapi perkembangan teknologi - teknologi nya dengan benar & dimanfaatkan untuk tujuan yang dapat membuat maju orang atau Negara itu sendiri.. Merdeka.. haha

0 komentar:

Poskan Komentar

Dhiti